Rabu, 21 Desember 2011

sejarah desa cipinang

Desa Cipinang berada di kabupaten Majalengka, Kec Rajagaluh.
adapun sejarah desa Cipinang adalah sbb:

Pada zaman dahulu, di wilayah Majalengka dikuasai oleh Nyi Rambut Kasih. Beliau mengadakan pengembaraan ke wilayah Cirebon. di sana beliau bertemu dan menjalin persahabatan dengan sultan Cirebon. Sultan Cirebon yang mempunyai misi menyebarkan agama islam mengajak Nyi Rambut Kasih untuk memeluk agama Islam, yang waktu itu beragama Hindu.

Nyi Rambut Kasih yang tetap teguh dengan pendiriannya menolak ajakannya. Dengan alasan yang tidak jelas, terjadilah permusuhan di antara keduanya. dengan segala bala tentaranya,Sultan Cirebon memerintahkan untuk menangkap Nyi Rambut Kasih.

Dalam pengejaran itu, Nyi Rambut Kasih lari sampai ke suatu wilayah yang bernama Bunut.karena kesaktiannya, para pengejar dari Cirebon mengalami kesulitan untuk menemukan nyi Rambut kasih dan akhirnya kehilangan jejak sampai tidak di temukan.Padahal Nyi Rambut Kasih masih ada di kampung tersebut.

Lama- kelamaan Nyi Rambut Kasih yang bersemedi di bawah pohon besar merasa haus. Dia menemukan pohon pinang (jambe) yang sangat lebat buahnya. Untuk mengobati hausnya, Nyi rambut kasih memetik buah jambe muda untuk di kunyah (disepah) sampai meludahkan air liur dari mulutnya.kemudian air liur itu menjadi mata air yang terkenal dengan sebutan HULU DAYEUH (mata air) yang berada di kampung bunut . lama kelamaan daerah di sekitarnya di sebut Cipinang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar